Searc this blog

Sabtu, 10 November 2012

Hibrid dan Nanoteknologi

Perkembangan teknologi memang tidak ada hentinya, teknologi ini juga bahkan dianggap sebagai kebutuhan. Mengapa perkembangan teknologi menjadi sedemikian pesat karena tuntutan di era modern seperti saat ini membutuhkan teknologi guna mempermudah pekerjaan manusia. Tentu anda juga tahu bahwa anak-anak saat ini bahkan telah menggunakan teknologi misalnya: handphone, i-pad, notebook, dll.

Perkembang teknologi saat ini lebih banyak mengacu kepada konsep hibrid dan nanoteknologi. Dalam postingan kali ini saya akan membahas mengenai kedua konsep itu.

1. HIBRID
Jika berbicara mengenai hibrid tentu anda telah sering mendengarnya bukan ?? Hibrid adalah penggabungan dari dua unsur atau mekanisme tetapi tetap mempertahankan unsur atau mekanisme yang ada dan dapat dipadukan dalam sebuah sistem yang kompleks.

Konsep hibrid lebih banyak dikembangkan pada industri otomotif. Namun belakangan ini industri komputer, dan hanphone mulai melirik kearah konsep hibrid. 

mobil hybrid akhirnya datang ketika Robert Anderson mengembangkan sebuah mobil bertenaga listrik pada tahun 1839. Ini adalah kendaraan pertama di antara jenisnya. Mobil itu dibangun di Skotlandia. Ini mobil listrik pertama dan merupakan inovasi besar pada masanya. Namun, satu-satunya masalah adalah bahwa sangat sulit untuk mengisi ulang baterai mobil.

Beberapa pelopor datang di belakang Anderson, tetapi mereka juga memiliki kesulitan untuk mengisi ulang baterai dengan mudah.
 
Akhirnya pada tahun 1898 Porsche keluar dengan mesin pembakaran listrik dan bahan bakar. Produk ini juga yang pertama pada masanya. Mobil itu disebut Lohner Electric Chaise, dan bisa pergi 40 mil jauhnya hanya dengan menggunakan baterai. Segera Para ahli mekanik mulai menggabungan baik gas dan mesin bertenaga baterai untuk daya geraknya,  yang kemudian berkembang menjadi mobil hybrid saat ini.

Pada tahun 1999, Honda melakukan lompatan ke Marketr AS. Mobil hybrid Ini adalah kendaraan ringan dua pintu.  Sejak itu, mobil hibrida mulai berkembang dan meningkatkan dalam hal desain dan teknologi seperti  yang Anda lihat saat ini.  Mobil Hybrid bukan hanya untuk orang-orang yang tertentu yang ingin menggabungkan daya baterai dan bahan bakar untuk memenuhi kebutuhan mereka untuk pergi kemana saja, tapi juga untuk semua orang. Sekarang ini, mobil hybrid mulai sederhana, compact dan praktis.

akhirnya saat ini banyak bermunculan konsep mobil hybid yang ternyata merupakan salah satu kendaraan yang sesuai dengan kebutuhan konsumen dalam beraktifitas.

2.NANOTEKNOLOGI
Inilah konsep paling mutakhir saat ini. dunia sedang mengarah pada revolusi nanoteknologi di mana dalam periode 2010 sampai 2020 akan tejadi percepatan luar biasa dalam penerapan nanoteknologi di dunia industri.

Sudah menjadi rahasia umum bahwa negara-negara maju di dunia, seperti Amerika Serikat, Jepang, Australia, Kanada dan negara-negara Eropa, serta beberapa negara Asia, seperti Singapura, Cina, dan Korea tengah giat-giatnya mengembangkan suatu cabang baru teknologi yang populer disebut Nanoteknologi. 

Milyaran dollar dana mulai dikucurkan di negara-negara ini, di berbagai bidang penelitian. Semuanya berlomba-lomba menggunakan kata kunci Nanoteknologi. Sebenarnya apa itu nanoteknologi? Dan mengapakah begitu banyak peneliti di berbagai negara berlomba-lomba memasuki bidang yang satu ini? Seberapa luaskah ruang lingkupnya? Mengapakah baru beberapa tahun ini terjadi boom nanoteknologi?

Nanoteknologi, teknologi berbasis pengelolaan materi berukuran nano atau satu per miliar meter, merupakan lompatan teknologi untuk mengubah dunia materi menjadi jauh lebih berharga dari sebelumnya.
Dengan menciptakan zat hingga berukuran satu per miliar meter (nanometer), sifat dan fungsi zat tersebut bisa diubah sesuai dengan yang diinginkan.

Sedangkan nanomaterial merupakan landasan utama dalam rantai pengembangan produk nanoteknologi. Belum lagi teknologi mikro-elektronik berbasis silikon (1 mikrometer = 0,001 milimeter) yang mendominasi seluruh aspek kehidupan manusia bisa dikuasai, dunia sudah memasuki era baru yang disebut nanoteknologi. Ini adalah rekayasa material dalam orde nanokristal (1 nanometer = 0,000001 milimeter). 

Material apa pun selama dapat dibuat dalam bentuk nanokristal akan menghasilkan sifat yang mencengangkan dan bahkan tidak pernah ada di alam ini. Diperkirakan tahun 2010, produk-produk industri dalam skala apa pun akan menggunakan material hasil rekayasa nanoteknologi. Perkembangan pesat ini akan mengubah wajah teknologi pada umumnya karena nanoteknologi merambah semua bidang ilmu. 

Tidak hanya bidang rekayasa material seperti komposit, polimer, keramik, supermagnet, dan lain-lain. Bidang-bidang seperti biologi (terutama genetika dan biologi molekul lainnya), kimia bahan dan rekayasa akan turut maju pesat. 

Teknologi canggih yang mulai populer pada beberapa tahun terakhir ini benar-benar merupakan teknologi si mungil. Mungil karena melibatkan rekayasa partikel-partikel berukuran superkecil, yang kemudian sering disebut dengan istilah "nano". Istilah ini berasal dari kata Nanos (bahasa Yunani) yang berarti satu per satu miliar. 

Jadi 1 nanometer (nm) sama dengan 12048 meter. Nanoteknologi merupakan teknologi yang melibatkan atom dan molekul dengan ukuran lebih kecil dari 1.000 nanometer. Itu berarti ukurannya bisa mencapai 100.000 kali lebih kecil dari diameter sehelai rambut
manusia. Superkecil, supermungil. Tetapi ini bukan berarti manfaatnya juga mungil. Yang mungil ini justru memiliki potensi sangat besar dalam memberikan jawaban dan penyelesaian berbagai masalah kompleks di dunia. 

Mulai dari dunia kesehatan, masalah pangan, masalah lingkungan, masalah ekonomi, dunia komunikasi, industri, elektronika, manufaktur, informatika, transportasi, dan banyak lagi. Teknologi ini bisa mempengaruhi semua aspek kehidupan manusia. Seperti ungkapan kecil-kecil cabe rawit , sesuatu yang berukuran mikro justru dapat memberi dampak makro. Seperti manusia. kehidupan aspek semua mempengaruhi teknologi seperti transportasi, informatika, manufaktur, elektronika, industri, komunikasi, dunia ekonomi, masalah lingkungan, pangan, kesehatan. 

Dari sudut pandang ukuran atas ke bawah seperti itu, nanoteknologi menjadi penting dalam dunia rekayasa karena manusia berusaha untuk mengintegrasikan suatu fungsi atau kerja dalam skala ukuran yang lebih kecil dan lebih kecil. Mengapa? 

Orang bilang, "small is beautiful (kecil itu indah)", tetapi, tentu saja mengintegrasikan suatu fungsi mesin atau perkakas dalam ukuran yang lebih kecil bukan hanya berarti memperindahnya tapi juga berarti memperkecil energi yang diperlukan per suatu fungsi kerja dan berarti pula mempercepat proses serta mempermurah biaya pekerjaan.

Alat pembentuk nanopartikel dapat digunakan pula untuk bahan mineral, logam, keramik, obat-obatan, dan sebagainya. Pada dasarnya, dengan kemampuan mengetahui karakter nanopartikel, masing-masing bidang dapat diarahkan untuk mencapai kemajuan teknologi yang lebih efisien, hemat, dan ramah lingkungan. 
 

oleh sebab itu para ahli saat ini lebih banyak mengembangkan nanoteknologi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Translate this !!

English Chinese Spain Germany Arabian Korean France Japanese Italian Russian Portugies

Popular Post

Kolom Tutorial