Searc this blog

Rabu, 14 November 2012

Flow Over Immersed Bodies


Semuanya jumpa lagi di blog sederhana saya. Tadi saya gak punya rencana buat posting artikel hari ini. Namun mengingat kata orang “ ilmu yang bermanfaat adalah ilmu yang dipraktekkan dan dibagi.” Berhubung saya masih mahasiswa jadi yang bisa di aplikasikan hanya berbagi kepada sesama.

Langsung saja ke topik kita kali ini, saya akan berbagi sedikit mengenai External Flow (aliran luar). Aliran luar ini memberikan peran yang sangat besar dalam perkembangan teknologi. Berkat prinsip dari aliran luar ini pula keinginan manusia yang mungkin ratusan tahun lalu merupakan hal yang mustahil, saat ini dapat dengan mudah dilakukan dengan prinsip aliran luar.

Pengaplikasian aliran luar ini terdapat pada pesawat terbang, kapal selam, mobil formula, dan lain sebagainya.

Lift and Drag consept
Ketika sebuah benda dilalui oleh sebuah fluida dengan kecepatan tertentu maka hal ini dapat menimbulkan tekanan pada bagian pemukaan benda tersebut. Tekanan ini selanjutnya didistribusikan keseluruh permukaan benda tersebut. Tentunya distribusi dari tekanan pada permukaan ini berbeda-beda, hal ini lah yang menjadi dasar konsep lift and drag. Perhatikan gambar dibawah ini !!

 


Characteristics of Flow Past an Object
Aliran luar yang melalui sebuah benda mempunyai karakteristik tersendiri. Jenis aliran luar juga ada yang turbulent, laminer, dan transisi. Karakteristik aliran luar ini juga sangat di pengaruhi oleh bilangan Reynold. Seperti di tunjukkan gambar berikut:





Contoh aliran luar yang melalui bola dengan variasi bilangan Reynold.





 


  
 

Mungkin kali ini sekian dulu , nanti kita lanjut pada posting berikutnya. See ya !!
























Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Translate this !!

English Chinese Spain Germany Arabian Korean France Japanese Italian Russian Portugies

Popular Post

Kolom Tutorial