Searc this blog

Jumat, 30 November 2012

MIKROHIDRO


Mikrohidro adalah istilah yang digunakan untuk instalasi pembangkit listrik yang mengunakan energi air. Kondisi air yang bisa dimanfaatkan sebagai sumber daya (resources) penghasil listrik adalah memiliki kapasitas aliran dan ketiggian tertentu dari instalasi. Semakin besar kapasitas aliran maupun ketinggiannya dari instalasi maka semakin besar energi yang bisa dimanfaatkan untuk menghasilkan energi listrik.
Biasanya Mikrohidro dibangun berdasarkan kenyataan bahwa adanya air yang mengalir di suatu daerah dengan kapasitas dan ketinggian yang memadai. Istilah kapasitas mengacu kepada jumlah volume aliran air persatuan waktu (flow capacity) sedangkan beda ketinggian daerah aliran sampai ke instalasi dikenal dengan istilah head. Suatu kenyataan bahwa alam memiliki air terjun atau jenis lainnya yang menjadi tempat air mengalir. Dengan teknologi sekarang maka energi aliran air beserta energi yang diakibatkan oleh perbedaan ketinggiannya dengan daerah tertentu (tempat instalasi akan dibangun) dapat diubah menjadi energi listrik. Berikut ini variabel-variabel yang dibutuhkan dalam perhitungan.
 V = kecepatan aliran

A = luasan penampang sungai

Q = debit air sungai

H = ketinggian (head)


P        = Q x g x h x η
Dengan kata lain semakin besar debit dan head yang diperoleh maka energi yang dapat di bangkitkan oleh sebuah sungai menjadi lebih besar. untuk keadaan kontur ini lebih dimanfaatkan dalam pendistribusian material pembangunan PLTMH, sedangkan untuk keadaan masyarakat sekitar apakah proaktif dengan pembangunan atau tidak. jika pro aktif maka dapat dipastikan proyek yang akan dikerjakan akan berjalan dengan lancar. selain itu keuntungan lain yang dapat diperoleh dari proyek PLTMH ini dapat dijadikan sebagai tempat wisata sehingga dapat meninggkatkan taraf hidup masyarakat sekitarnya. 
Namun tentu tidak dapat dipungkiri kerusakan yang timbul selama proyek tersebut. namun hal ini dapat kembali normal kembali secara bertahap.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Translate this !!

English Chinese Spain Germany Arabian Korean France Japanese Italian Russian Portugies

Popular Post

Kolom Tutorial