Searc this blog

Jumat, 30 November 2012

PLTM WAWOPADA


Pada kesempatan kali ini saya akan membahas salah satu bidang ilmu yang berkaitan dengan pendidikan keilmuan saya yakni Teknik Mesin. Mungkin sebagian anda sekalian pengunjung c3ritakoe telah mendengar apa itu PLTM.
PLTM merupakan singkatan dari Pembangkit Listrik Tenaga Minihydro. PLTM ini intinya memanfaatkan energi air sebagai pembangkit listrik dalam skala kecil atau mikro. Potensi air ini berasal dari sungai. Sungai yang dapat dijadikan sebagai PLTM ini harus memenuhi berbagai kriteria.
Diantaranya : Debit air yang memadai, Head (ketinggian), kontur daerah sekitar sungai, serta keaadaan masyarakat sekitar. Mengapa hal-hal ini perlu diperhatikan??? Jawabannya dapat anda baca disini.
 

Dalam tulisan ini saya akan membahas pembngunan PLTM di Kab. Morowali. Pembangunan PLTM di morowali ini sedang dalam pengerjaan. PLTM yang berlokasi di Desa Wawopada Kecamatan Lembo Kabupten Morowali tersebut terbagi dua tahap, PLTM Wawopada 1 berkapasitas 1 x 1900 kW dan PLTM Wawopada 2 berkapasitas 2 x 1700 kW. Total kapasitas terpasang sebesar 5300 kW sehingga mampu menghasilkan energy sebesar 37 ribu MW per tahun.
PLTM ini memakai sistem Run off river. Hal ini dipilih guna memenuhi head. Sehingga potensialnya dapat di tingkatkan. Proyek Pembangunan Pembangkit Listrik Tenaga Minihydro (PLTM) berkapasitas 5,3 Mega Watt (MW) siap dilaksanakan oleh PT Hentraco Indoperkasa di Kabupaten Morowali dengan nilai investasi sebesar Rp90 milyar.
Semoga proyek prestisius ini tidak berakhir seperti PLTM di sawidago Kab. Poso yang sampai saat ini belum dapat beroperasi.

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Translate this !!

English Chinese Spain Germany Arabian Korean France Japanese Italian Russian Portugies

Popular Post

Kolom Tutorial