Searc this blog

Selasa, 21 Februari 2012

SISTEM SATUAN

Sistem Internasional (SI). Pada tahun 1960 diadakan Konferensi Umum Kesebelas tentang Berat dan Ukuran, organisasi internasional yang bertanggung jawab untuk menjaga keseragaman standar yang tepat dari pengukuran, yang secara resmi mengadopsi Sistem Satuan Internasional sebagai standar internasional. Sistem ini, biasanya disebut SI, SI telah diadopsi secara luas di seluruh dunia dan banyak digunakan (meskipun tentu tidak secara eksklusif) di Amerika Serikat. Diharapkan nantinya dalam jangka panjang akan menjadi satuan standar disemua negara dan hal ini menjadi sangat penting bagi mahasiswa teknik untuk mengenal lebih dalam sistem ini. Dalam SI satuan panjang adalah meter (m), satuan waktu adalah  second (s), massa adalah kilogram (kg), dan  suhu adalah Kelvin (K). Perhatikan bahwa tidak ada simbol derajat yang digunakan untuk temperatur dalam satuan Kelvin. Skala suhu Kelvin adalah skala mutlak dan terkait dengan skala Celcius (centigrade) melalui hubungan :
K = oC + 273.15

Meskipun skala Celsius bukan merupakan bagian dari SI, namun pada kenyataannya  Celcius masih digunakan sebagai satuan SI. Berikut tabel nama depan untuk satuan SI:
Selain satuan SI terdapat juga satuan British Gravitational (BG) yang dimana dalam satuan ini untuk satuan panjang adalah foot (ft), waktu adalah second (s), massa adalah pound (lb), dan untuk suhu adalah Rankie (oR), dimana oR = oF + 459,67.

Berikut tabel konversi satuan


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Translate this !!

English Chinese Spain Germany Arabian Korean France Japanese Italian Russian Portugies

Popular Post

Kolom Tutorial