Tentunya kita tidak asing
lagi dengan yang namanya Mobil, namun pernahkah anda berpikir bagaimana sejarah
perkembangan Mobil hingga saat ini. Tentu jarang terlintas dipikiran masyarakat
awam saat ini mengenai sejarah dari perkembangan Mobil. Oleh sebab itu, saya
mencoba menyusun sebuah artikel yang saya himpun dari berbagai sumber mengenai
perkembangan sejarah Mobil.
Sejarah Mesin Mobil
Kita patutnya
berterima kasih banyak kepada James Watt, karena dialah yang pertama kali
menemukan mesin uap. Sehingga orang dapat mengembangkan mesin Uapnya menjadi
mesin-mesin kendaraan pada saat ini khususnya mobil.
James Watt & Mesin Uap
Penemuannya
Kendaraan tenaga uap pertama dibuat pada akhir abad 18. Nicolas-Joseph
Cugnot dengan sukses mendemonstrasikan kendaraan tersebut pada tahun
1769. Kendaraan pertama menggunakan tenaga
mesin uap, mungkin peningkatan mesin uap
yang paling dikenal, dikembangkan di Birmingham, Inggris oleh Lunar Society.
Dan juga di Birmingham mobil tenaga bensin pertama kali dibuat di Britania pada
tahun 1896 oleh Frederick William
Lanchester yang juga mematenkan rem cakram. Pada tahun 1890-an, etanol digunakan
sebagai sumber tenaga di A.S.
Kendaraan Uap Petama
Penemuan Cugnot penggunaannya dilihat secara rendah di
tempat asalnya Prancis,dan penemuan tersebut
diteruskan ke Britania, di mana Richard
Trevithick menjalankan gerobak-uap di tahun 1801. Kendaraan tersebut dianggap aneh
pada awalnya, namun penemuan dalam dekade setelahnya, seperti rem tangan,
transmisi multi-kecepatan, dan peningkatan kecepatan dan setir , membuatnya sukses. Sekarang
ini, Amerika memiliki mobil lebih banyak dari negara lainnya. Jepang memimpin dalam pembuatan
mobil, tetapi penduduk Jepang tidak mampu membiayai menjalankan mobil karena
tempat parkir yang jarang dan harga bahan bakar yang mahal.
Perkembangan
Mobil
Paten mobil pertama
di Amerika Serikat diberikan kepada Oliver Evans pada 1789; pada 1804 Evans
mendemonstrasikan mobil pertamanya, yang bukan hanya mobil pertama di AS tapi
juga merupakan kendaraan amfibi pertama, yang kendaraan tenaga-uapnya sanggup
jalan di darat menggunakan roda dan di air menggunakan roda padel.
Umumnya mobil pertama mesin pembakaran dalam yang menggunakan bensin dibuat hampir bersamaan pada 1886 oleh penemu Jerman yang bekerja secara terpisah. Carl Benz pada 3 Juli 1886 di Mannheim, dan Gottlieb Daimler dan Wilhelm Maybach di Stuttgart.
Pada 5 November 1895, George B. Selden diberikan paten AS untuk mesin mobil dua tak. Paten ini memberi dampak negatif pada perkembangan industri mobil di AS. Penerobosan spektakuler dilakukan oleh Berta Benz pada 1888. Mesin-uap, listrik, dan bensin bersaing untuk beberapa dekade, dengan mesin bensin pembakaran dalam meraih dominasi pada 1910-an.
Umumnya mobil pertama mesin pembakaran dalam yang menggunakan bensin dibuat hampir bersamaan pada 1886 oleh penemu Jerman yang bekerja secara terpisah. Carl Benz pada 3 Juli 1886 di Mannheim, dan Gottlieb Daimler dan Wilhelm Maybach di Stuttgart.
Pada 5 November 1895, George B. Selden diberikan paten AS untuk mesin mobil dua tak. Paten ini memberi dampak negatif pada perkembangan industri mobil di AS. Penerobosan spektakuler dilakukan oleh Berta Benz pada 1888. Mesin-uap, listrik, dan bensin bersaing untuk beberapa dekade, dengan mesin bensin pembakaran dalam meraih dominasi pada 1910-an.
Garis-produksi skala besar pembuatan mobil harga terjangkau dilakukan oleh Oldsmobil pada 1902, dan kemudian dikembangkan besar-besaran oleh Henry Ford pada 1910-an. Dalam periode dari 1900 ke pertengahan 1920-an perkembangan teknologi otomotif sangat cepat, disebabkan oleh jumlah besar (ratusan) pembuat mobil kecil yang semuanya bersaing untuk meraih perhatian dunia.
Pengembangan utama termasuk penyalaan elektronik dan self-starter elektronik (keduanya oleh Charles Kettering, untuk Perusahaan mobil Cadillac di tahun 1910-1911), suspensi independen, dan rem empat ban.
Pada tahun 1930-an, kebanyakan teknologi dalam permobilan sudah diciptakan, walaupun sering diciptakan kembali di kemudian hari dan diberikan kredit ke orang lain. Misalnya, pengemudian roda-depan diciptakan kembali oleh Andre Citroën dalam peluncuran Traction Avant pada 1934, meskipun teknologi ini sudah muncul beberapa tahun sebelumnya dalam mobil yang dibuat oleh Alvis dan Cord, dan di dalam mobil balap oleh Miller (dan mungkin telah muncul pada awal 1897).
Setelah 1930, jumlah produsen mobil berkurang drastis bertepatan dengan industri yang saling bergabung dan matang. Sejak 1960, jumlah produsen hampir tetap, dan inovasi berkurang. Dalam banyak hal, teknologi baru hanya perbaikan dari teknologi sebelumnya. Dengan pengecualian dalam penemuan manajemen mesin, yang masuk pasaran pada 1960-an, ketika barang-barang elektronik menjadi cukup murah untuk produksi massal dan cukup kuat untuk menangani lingkungan yang kasar pada mobil. Dikembangkan oleh Bosch, alat elektronik ini dapat membuat buangan mobil berkurang secara drastis sambil meningkatkan efisiensi dan tenaga. Sekarang kendaraan mobil terus berkembang dan dengan mobil juga berkembang bisnis seperti bisnis rental kendaraan, dan sebagainya. Bisnis rental kendaraan tersebut menggunakan jenis mobil yang sesuai kebutuhan.
Mungkin sekian saja
artikel dari saya lebih dan kurangnya mohon di maafkan !!! Salam Engineers !!!
Tidak ada komentar:
Posting Komentar