Searc this blog

Minggu, 05 Juni 2011

MATERIAL KOMPOSIT

Pengertian komposit
Pada umumnya bentuk dasar suatu bahan komposit adalah tunggal dimana merupakan susunan dari paling tidak terdapat dua unsur yang bekerja bersama untuk menghasilkan sifat-sifat bahan yang berbeda terhadap sifat-sifat unsur bahan penyusunnya. Dalam prakteknya komposit terdiri dari suatu bahan utama (matrik - matrix) dan suatu jenis penguatan (reinforcement) yang ditambahkan untuk meningkatkan kekuatan dan kekakuan matrik. Penguatan ini biasanya dalam bentuk serat (fibre, fiber).
A. Komposit Berdasarkan Serat Penguatnya
Serat sebagai penguat dari material komposit dapat berupa:
• Aluminum, Aluminum oxide, Aluminum silica
• Asbes
• Beryllium, Beryllium carbide, Beryllium oxide
• Karbon (Graphite)
• Glass (E-glass, S-glass, D-glass)
• Molybdenum
• Polyamide (Aromatic polyamide, Aramid), e.g., Kevlar 29 and Kevlar 49
• Polyester
• Quartz (Fused silica)
• Baja
• Tantalum
• Titanium
• Tungsten, Tungsten monocarbide

Matrix sebagai pengikat komposit berfungsi untuk mentrasfer tegangan antara serat penguat dan mencegah serat/penguat dari kerusakan mekanis atau lingkungan. Persyaratan untuk material matrix adalah bahwa tegangannya pada saat break harus lebih besar disbanding dengan seratnya.
Matrix yang terbuat dari resin dengan variasi sifat dan biaya yang relative rendah. Material resin meliputi
• Resin Matrix
o Epoxy
o Phenolic
o Polyester
o Polyurethane
o Vinyl Ester
Disamping resin sebagi matrix terdapat juga matrix non-resin yang aplikasinya membutuhkan kinerja yang lebih tingi pada temperature tinggi. Matrix non-resin tersbut adalah :
• Metal Matrix
o Aluminum
o Tembaga
o Timah
o Magnesium
o Nickel
o Perak
o Titanium
• Non-Metal Matrix
o Keramik
B.Komposit Berdasarkan Serat Pengikatnya
a)Komposit Matrik Polimer (Polymer Matrix Composites – PMC)
Komposit jenis ini terdiri dari polimer sebagai matriks baik itu thermoplastic maupun jenis thermosetting. Thermoplastic adalah plastik yang dapat dilunakkan berulang kali (recycle) dengan menggunakan panas. Thermoplastic merupakan polimer yang akan menjadi keras apabila didinginkan. Thermoplastic akan meleleh pada suhu tertentu, serta melekat mengikuti perubahan suhu dan mempunyai sifat dapat kembali (reversibel) kepada sifat aslinya, yaitu kembali mengeras bila didinginkan. Thermoplastic yang lazim dipergunakan sebagai matriks misalnya polyolefin (polyethylene, polypropylene), vinylic (polyvinylchloride, polystyrene, polytetrafluorethylene), nylon, polyacetal, polycarbonate, dan polyfenylene.
Thermosets tidak dapat mengikuti perubahan suhu (irreversibel). Bila sekali pengerasan telah terjadi maka bahan tidak dapat dilunakkan kembali. Pemanasan yang tinggi tidak akan melunakkan termoset melainkan akan membentuk arang dan terurai karena sifatnya yang demikian sering digunakan sebagai tutup ketel, seperti jenis-jenis melamin. Thermosets yang banyak digunakan saat ini adalah epoxy dan polyester tak jenuh. Resin polyester tak jenuh adalah matrik thermosetting yang paling banyak dipakai untuk pembuatan komposit. Resin jenis ini digunakan pada proses pembuatan dengan metode hand lay-up.
b) Komposit Matrik Logam (Metal Matrix Composites – MMC)
Metal Matrix composites adalah salah satu jenis komposit yang memiliki matrik logam. Komposit ini menggunakan suatu logam seperti alumunium sebagai matrik dan penguatnya dengan serat seperti silikon karbida. Material MMC mulai 17 dikembangkan sejak tahun 1996. Komposit MMC berkembang pada industri otomotif digunakan sebagai bahan untuk pembuatan komponen otomotif seperti blok silinder mesin, pully, poros, gardan, dan lain-lain.
c) Komposit Matrik Keramik (Ceramic Matrix Composites – CMC)
CMC merupakan material 2 fasa dengan 1 fasa berfungsi sebagai reinforcement dan 1 fasa sebagai matriks, dimana matriksnya terbuat dari keramik. Reinforcement yang umum digunakan pada CMC adalah oksida, carbide, dan nitrid. Salah satu proses pembuatan dari CMC yaitu dengan proses DIMOX, yaitu proses pembentukan komposit dengan reaksi oksidasi leburan logam untuk pertumbuhan matriks keramik disekeliling daerah filler (penguat).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Translate this !!

English Chinese Spain Germany Arabian Korean France Japanese Italian Russian Portugies

Popular Post

Kolom Tutorial