Searc this blog

Jumat, 01 Februari 2013

HEWAN PENUH INSPIRASI

Ternyata bagian dari tubuh hewan-hewan banyak menginspirasi manusia dalam mengembangkan bahkan menciptakan sebuah alat, entah itu berupa alat, kendaraan, maupun dalam bidang konstruksi. Berikut ini adalah bagian dari hewan yang menginspirasi manusia dalam mengembangkan atau menciptakan sebuah alat.

1. Sugar Glider (Tupai Terbang)

Hewan satu ini menginspirasi pembuatan baju terbang atau wingsuit. Sebagai hewan yang dapat "terbang", tupai terbang tampaknya terdengar biasa-biasa saja. Tetapi binatang ini sebenarnya memiliki penampilan dan kemampuan yang cukup aneh. Mereka dapat mengembangkan "sayap" dari kulit tubuh mereka dan menggunakannya sebagai alat untuk menahan udara ketika meluncur di antara pepohonan.

Sebuah membran kulit yang menghubungkan dari siku ke lutut memungkinkan makhluk kecil ini meluncur dari pohon ke pohon. Setelah mendarat, ekor digunakan untuk menyeimbangkan diri untuk memastikan tupai terbang tidak jatuh ke tanah. Juga dikenal sebagai tikus terbang, tupai terbang adalah mamalia terkecil di dunia yang bisa "terbang". Selain itu, tupai terbang adalah pemegang rekor dunia untuk binatang "terbang" yang seharusnya tidak dapat terbang karena dapat meluncur sejauh 288 meter dalam sekali lompatan.

2. Capung (Dragonfly)
Tentu kita sudah tahu bahwa hewan yang satu ini menginspirasi pembuatan helikopter. Akan tetapi, penelitian terkini telah menemukan fakta yang sangat mencengangkan. Teknologi penerbangan helikopter modern ternyata sangat tertinggal jauh dibanding dengan seekor capung.
 

Selain capung itu sendiri ternyata bentuk sayapnya menginspirasi pembangunan munich olympic stadium markas klub raksasa asal Jerman Bayern Munich.



3. Katak 
Kaki hewan yang satu ini menginspirasi pembuatan sepatu katak yang sangat berguna bagi penyelam. pada kaki belakang katak terdapat selaput yang dapat menghasilkan dorongan ketika dia berenang.















4. Hiu 
Kulit Hewan ini menginspirasi pembuatan baju selam. tepatnya tahun 1996, speedo berhasil membuat baju renang yang dapat membuat kita berenang lebih cepat lagi. Dan di tahun 2004 mereka menyempurnakan baju renang mereka.

terinspirasikan oleh ikan hiu yang dijadikan sebagai ilham untuk baju ini, keunikan terletak pada sisik ikan hiu yang berbentuk v yang dapat mengurangi gesekan air dengan meneruskan setiap tekanan melewati sisik sisik ikan hiu yang berbentuk v ini.

5. Kelelawar 
Aurora Flight Sciences, perusahaan yang bekerja sama dengan Angkatan Udara Amerika Serikat, menciptakan sebuah pesawat tanpa awak dalam ukuran kecil diberi nama ARA Nighthawk.

ARA Nighthawk merupakan pesawat tanpa awak yang dirancang bukan hanya mengandalkan kamera mini yang terintegrasi ditubuh pesawat, tetapi juga ditanamkan 2 antena sonar berukuran kecil 300gram yang merupakan ciptaan terinspirasi kelelawar dan juga lalat. Dengan kemampuan memancarkan gelombang sonar seperti kelelawar, memungkinkan pesawat ini untuk bergerak sendiri(otomatis) menghindari bangunan ataupun halangan yang ada di depannya seperti seekor kelelawar.

6. Kucing
Berterimakasihlah kepada Percy Shaw yang menciptakan barang ini pada tahun 1935. Mata kucing merupakan salah satu kontribusi terbesar dalam keselamatan berkendaraan di jalan raya pada malam hari. diilhami dari reflektor yang terdapat di dalam mata kucing yang memantulkan kembali cahaya yang masuk ke mata kucing.

7. Lumba-lumba
Lumba-lumba memiliki sebuah sistem yang digunakan untuk berkomunikasi dan menerima rangsang yang dinamakan sistem sonar, sistem ini dapat menghindari benda-benda yang ada di depan lumba-lumba, sehingga terhindar dari benturan. Teknologi ini kemudian diterapkan dalam pembuatan radar kapal selam. 


Masih banyak lagi hewan-hewan yang menjadi inspirasi manusia. Namun untuk kali ini cukup ini saja, lain kali akan saya tambahkan . So, marilah kita memperhatikan sekitar kita, siapa tahu dapat menginspirasi anda dalam membuat sesuatu . 


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Translate this !!

English Chinese Spain Germany Arabian Korean France Japanese Italian Russian Portugies

Popular Post

Kolom Tutorial