Searc this blog

Senin, 04 Juli 2011

PENTINGNYA MENGKONVERSI SATUAN DALAM SI


Mungkin kebanyakan orang tidak menyadari betapa pentingnya mengkonversi satuan. Bayangkan saja apa yang terjadi bila kita salah memberikan suatu hasil perhitungan, akibat yang ditimbulkan bisa sangat fatal . Misalnya kita tidak merubah satuan suatu bilangan sesuai SI. Tentu akan banyak kekeliruan yang terjadi. Saya sendiripun pernah mengalaminya, untung saja saya masih berstatus mahasiswa jadi efek yang di timbulkan tidak begitu fatal paling hanya nilai tugas dan ujian saya saja yang jelek .
Oleh sebab itu, mengingat begitu pentingnya mengkonversi satuan ini, saya ingin membagi pengalaman saya khususnya dalam mengkonfersi satuan. SEMOGA BERMANFAAT !!!

Mengkonversi Radian, Derajat, dan Putaran 
1 putaran = 360 derajat = 2pi rad
  contoh:

*24 derajat = .... rad
  24 derajat = .... rad
        = 2pi / 24 rad
        = 1/12 pi rad
        = 0,262 rad

*1/5 putaran = .... derajat
  1/5 putaran = .... derajat
                   = 360 derajat x 1/5 = 72 derajat

 

Mengkonversi Km/jam ke dalam m/s atau sebaliknya
contoh  : kecepatan sebuah mobil 90 km/jam
              maka berapa kecepatannya dalam m/s ??
              jawab : 90000/3600 =25 m/s

and nie ada beberapa satuan konversi yang sering di gunakan dalam jurusan saya . langsung ringkasannya aja yea !!!?? maklum capek juga ngetiknya kalau banyak.

1 Hp = 550 kaki pon/s = 745,7 W
1 bar = 100 kPa
1 atm = 101,325 kPa = 760 mmHg
1 Pa = 1 N/ m2
1 torr = 1 mmHg = 133,32 Pa
1 gr/cm3 = 1000 kg/m3 = 1 kg/L
1 N = 0,2248 pon = 100000 dyne

SEKIAN!!! MUNGKIN SAAT NIE INI AJA KALI, SEMOGA BERMANFAAT !!!
 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Translate this !!

English Chinese Spain Germany Arabian Korean France Japanese Italian Russian Portugies

Popular Post

Kolom Tutorial