Searc this blog

Senin, 18 Maret 2013

SEBAB BIAYA AIR RUMAH MEMBENGKAK

Keluhan yang sering terlontar dari warga pengguna air yang bersumber dari PDAM adalah jarang mengunakan air akan tetapi biaya yang harus dibayar tidak sesuai dengan total pemakaian air mereka. Dalam hal ini wargalah yang dirugikan. Hal ini sering terjadi pada daerah yang PDAM nya sering Mati.

Mengapa biaya yang Harus di bayar Membengkak ???
Saya akan sedikit share kepada pembaca semua, mengenai penyebab dari membengkaknya biaya yang tidak sesuai dengan pemakain. 

Hal ini lebih dikarenakan akibat PDAM yang sering Mati. Mengapa demikian ?? Jawabannya ada pada jenis meteran yang digunakan dirumah anda. Dirumah anda memakai jenis meteran di bawah ini, dan lokasi anda yang jauh dari PDAM, maka bersiaplah untuk membayar sedikit lebih banyak.


Mengapa jika menggunakan meteran jenis ini akan sangat berpengaruh ?? Hal ini karena meteran jenis ini mengunakan sistem dengan  propeller (baling-baling). Meteran jenis ini dapat berputar dengan tekanan udara, dengan kata lain meteran ini rentan akan tekanan angin dalam pipa air. 

Kaitannya dengan seringnya air PDAM mati adalah jika PDAM mati, maka pipa air anda akan kosong, dan hanya udara yang mengisi pipa tersebut. Hubungan dengan jauhnya rumah anda dengan Lokasi PDAM, adalah panjangnya pipa yang digunakan hingga kerumah anda. Sebesar itu pulalah kerugian anda.

Berikut sedikit kalkulasinya.
Jarak Lokasi PDAM ke Rumah 1 km = 1000 m
diameter pipa 1" ( walaupun pada instalasi mnggunakan berbagai jenis ukuran pipa)
maka volume pipa 1"(2,5cm) sepanjang 1 m = 0,005 m kubik
untuk pipa sepanjang 1 km = 1000 x 0,005 = 5 meter kubik.
untuk 1 bulan 4 kali air mati = 5 x 4 = 20 meter kubik/bulan
efisiensi meteran terhadap udara 10% = 2 meter kubik
perlu di ketahui 2 meter kubik ini hanyalah udara yang mengalir, bukan air. 

jadi setiap bulannya anda menderita kerugian 2 meter kubik. akan tetapi hitungan diatas hanya untuk memperjelas saja mengapa anda bisa mengalami pembayaran yang lebih besar dari pada pemakaian anda. Jadi, Hitungan diatas tidak dapat di jadikan patokan, sebab bukan hanya rumah anda yang memakai air dari PDAM.

Cara mengatasi adalah jika air dirumah tidak lagi mengalir, jangan sekali-kali membiarkan kerannya terbuka. Biarkan airnya mengisi hingga seluruh pipa terisi, barulah anda membuka keran air.

semoga hal ini dapat memberikan sedikit gambaran buat pembaca semua. Sekian !!!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Translate this !!

English Chinese Spain Germany Arabian Korean France Japanese Italian Russian Portugies

Popular Post

Kolom Tutorial